SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities dan Threats)
Analisis SWOT
merupakan suatu bentuk analisis yang digunakan oleh manajemen perusahaan atau
organisasi yang sistematis dan dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu
rencana yang matang untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi tersebut.
Baik tujuan tersebut untuk tujuan jangkan panjang maupun tujuan jangka pendek.
Selain itu, analisis SWOT juga dapat
diartikan sebagai sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat
deskriptif (memberi suatu gambaran) tentang sebuah perusahan atau oraganisasi.
Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai sebagai faktor yang di
jadikan masukan. Dan kemudian masukan tersebut dikelompokkan sesuai
kontribusinya masing-masing.
Satu hal yang perlu diperhatikan bagi pangguna analisa ini, bahwa
analisa SWOT semata-mata hanya digunakan sebagai suatu analisa saja, yang
ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi sebuah perusahaan
atau oraganisasi. Analisis SWOT bukan sebuah alat yang mampu memberikan jalan
keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi.
Kepanjangan dari SWOT
SWOT merupakan singkatan dari Strength Weaknesses
Opportunities Threats. Yang artinya Strength (kekuatan), Weaknesses
(kelemahan), Opportunities (Peluang), Threats (hambatan). Dalam artikel ini
kita akan membahas satu-persatu tentang analisis SWOT secara singkat.
SWOT adalah singkatan
daris Strenghts (kekuatan),weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan
Threats (ancaman). Ini adalah teknik untuk menyediakan kerangka kerja untuk
mengidentifikasi secara sistematis posisi organisasi; caranya berhubungan
dengan lingkungan eksternal dan masalah serta peluang yang dihadapi. Tujuan
analisis SWOT adalah untuk memisahkan masalah pokok dan memudahkan pendekatan
strategis.
1. Peluang (Opportunities)
Suatu peluang merupakan situasi utama yang mengguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Kecenderungan-kecenderungan utama adalah salah satu dari peluang identifikasi dari segmen pasar yang sebelumnya terlewatkan, perubahan-perubahan dalam keadaan bersaing, atau peraturan, perubahan teknologi, dan hubungan pembeli dan pemasok yang diperbaiki dapat menunjukan peluang bagi perusahaan.
2. Ancaman (Threaths)
Ancaman adalah rintangan-rintangan utama bagi posisi sekarang atau yang diinginkan dari perusahaan. Masuknya pesaing baru, perumbuhan pasar yang lambat, daya tawar pembeli dan pemasok utama yang meningkat, perubahan teknologi, dan peraturan yang baru atau yang direvisi dapat merupakan ancaman bagi keberhasilan suatu perusahaan.
3. Kekuatan (Strenghts)
Kekuatan adalah sumber daya, ketrampilan atau keunggulan lain yang relatif terhadap pesaing dan kebutuhan dari pasar suatu perusahaan layani atau hendak layani. Kekuatan merupakan suatu kompetensi yang berbeda (destintive competence) yang memberi perusahaan suatu keunggulan komparatif (comparative advantage) dalam pasar. Kekuatan berkaitan dengan sumber daya, keuangan, citra, kepemimpinan pasar, hubungan pembeli/pemasok, dan faktor-faktor lain.
4. Kelemahan (weaknesses)
Kelemahan merupakan keterbatasan/kekurangan dalam sumber daya, ketrampilan, dan kemampuan yang secara seerius menghalangi kinerja efektif suatu perusahaan.
1. Peluang (Opportunities)
Suatu peluang merupakan situasi utama yang mengguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Kecenderungan-kecenderungan utama adalah salah satu dari peluang identifikasi dari segmen pasar yang sebelumnya terlewatkan, perubahan-perubahan dalam keadaan bersaing, atau peraturan, perubahan teknologi, dan hubungan pembeli dan pemasok yang diperbaiki dapat menunjukan peluang bagi perusahaan.
2. Ancaman (Threaths)
Ancaman adalah rintangan-rintangan utama bagi posisi sekarang atau yang diinginkan dari perusahaan. Masuknya pesaing baru, perumbuhan pasar yang lambat, daya tawar pembeli dan pemasok utama yang meningkat, perubahan teknologi, dan peraturan yang baru atau yang direvisi dapat merupakan ancaman bagi keberhasilan suatu perusahaan.
3. Kekuatan (Strenghts)
Kekuatan adalah sumber daya, ketrampilan atau keunggulan lain yang relatif terhadap pesaing dan kebutuhan dari pasar suatu perusahaan layani atau hendak layani. Kekuatan merupakan suatu kompetensi yang berbeda (destintive competence) yang memberi perusahaan suatu keunggulan komparatif (comparative advantage) dalam pasar. Kekuatan berkaitan dengan sumber daya, keuangan, citra, kepemimpinan pasar, hubungan pembeli/pemasok, dan faktor-faktor lain.
4. Kelemahan (weaknesses)
Kelemahan merupakan keterbatasan/kekurangan dalam sumber daya, ketrampilan, dan kemampuan yang secara seerius menghalangi kinerja efektif suatu perusahaan.
Metode analisis
SWOT merupakan alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang
berbeda, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu
mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada, kemudian
bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan,
selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats)
yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses)
yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah
ancaman baru.
Dengan saling berhubungannya 4 faktor tersebut, maka
membuat analisis ini memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu
perusahaan. Untuk menyempurnakan atau melengkapi pemahaman tentang analisis
SWOT, maka saya akan memberikan bagaimana contoh analisis SWOT suatu
perusahaan.
Contoh
Analisis SWOT Perusahaan
Dengan
adanya contoh analisis SWOT, maka sangat berharap anda bisa memahaminya secara
keseluruhan mengenai analisis SWOT. Perlu di pahami, inti analisis SWOT ini
adalah menilai dalam/internal perusahaan dengan melihat kekuatan (Strengths)
dan kelemahan (Weaknesses), kemudian menilai luar/eksternal perusahaan dengan
melihat peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats).
1.
Strengths (Kekuatan)
§ Pengalaman
Bagaimana
tidak, NOKIA masuk dunia mobile mulai dari tahun 1968-1991 dan pada tahun 1992
sudah mulai meluncurkan ponsel GSM dengan produk Nokia 1011.
§ Jaringan
Terbesar Penjualan & Distribusi
Nokia
merupakan brand yang telah melekat di hati para kosumen dan merupakan perintis
ponsel yang saat ini sangat di butuhkan oleh seluruh dunia, jadi wajar saja
kekuatannya terletak pada terbesar penjualan dan distribusinya.
§ Hubungan
Pelanggan yang Kuat
Bicara
brand NOKIA maka hampir seluruh dunia mengenal merk ponsel ini, pelanggan yang
loyal serta setia pasti susah untuk pindah ke lain hati.
§ Berbagai Macam
Produk untuk Semua Kelas
Tidak
hanya sebatas hubungan pelanggan yang kuat, Nokia juga memanjakan konsumennya
dengan berbagai macam produk yang sesuai kelas.
2.
Weaknesses (Kelemahan)
§ Kurang Gaya
Dalam Produk Murah
Memang
sudah wajar, harga menentukan sebuah kualitas ataupun tampilannya. Tetapi ini
menjadi kelemahan yang mana produk China dapat membuat replika dengan gaya
eksklusif tetapi tetap dengan harga yang sangat murah.
§ Kehilangan
Pangsa Pasar
Untuk
saat ini Nokia memang telah kehilangan pasarnya setelah symbian tidak lagi
update, lalu di akuisisi oleh Microsoft dengan OS Windows Phone.
3.
Opportunities (Kesempatan)
§ Pertumbuhan
Pasar Baru
Dengan
pertumbuhan pasar/trend baru, yaitu handphone berbasis smartphone maka ini
menjadi suatu peluang untuk berkonstrasi pada meningkatkan kualitas smartphone.
4.
Threats (Ancaman)
§ Ponsel China
Ponsel
China merupakan suatu ancaman yang sangat serius bagi Nokia, karena dengan
fitur yang cukup hampir sama, mereka berani menjual dengan harga murah dan ini
pun menjadi sebuah perang harga.
§ Pesaing Seperti
Samsung & Apple
Dari
tahun 2000 an – 2010 Nokia memang tiada tandingannya dalam hal ponsel, karena
memang memberikan setiap kebutuhan para konsumen, akan tetapi mulai tahun 2011
para pesaing Nokia (khususnya Samsung dan Apple) mulai melejit, berikut
statistik penjualannya:
Setelah
menganalisis semua faktor, langkah selanjutnya adalah bagaimana memaksimalkan
kekuatan (strengths), menutupi kelemahan (weaknesses), memanfaatkan peluang
(opportunities), dan menangkal semua ancaman (threats) yang datang. Semoga
penjelasan contoh analisis SWOT diatas dapat memberikan gambaran mengenai
analisis SWOT secara keseluruhan.
Sumber :
http://www.bisnisrumahanpemula.com/contoh-analisis-swot/
http://definisipengertian.net/pengertian-analisis-swot-definisi-dan-manfaat/
https://carapedia.com/analysis_swot_pengertian_nya_info713.html
Komentar
Posting Komentar