Langsung ke konten utama

Tugas Tata Kelola TI


Soal:

1. Apa itu Informatika?
2. Apa itu Tata Kelola TI?

Jawab:

1. Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Informatika mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Informatika juga diartikan sebagai pendekatan logika dan sistematika merupakan ciri yang cukup dominan dari Informatika ini.
2. Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) adalah suatu cabang dari tata kelola perusahaan yang terfokus pada sistem teknologi informasi (TI) serta manajemen kinerja dan risikonya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu ITIL? Perusahaan apa yang menggunakan ITIL?

1. Apa itu ITIL? ITIL atau Information Technology Infrastructure Library adalah merupakan sebuah kerangka kerja atau konsep yang menggambarkan praktek terbaik dalam manajemen layanan teknologi informasi (TI)  dan berfokus pada pengembangan dan pengukuran yang terus menerus terhadap kualitas dari layanan IT yang diberikan baik terhadap bisnis atau pelanggan. Fokus dari ITIL sendiri ialah memberikan kontribusi dan keuntungan dalam menjalankan teknik-teknik dan proses-proses pada organisasi. ITIL atau  Information Technology Infrastructure Library  ( Pustaka Infrastruktur Teknologi Informasi ) yang merupakan satu rangkaian konsep dan teknik untuk manajemen infrastruktur, pengembangan, dan pengoperasian teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam serangkaian buku yang masing-masing mencakup topik manajemen TI. Dalam perkembangannya ITIL telah mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Pada awal perkembangannya, dokumentasi ...

Apa itu SWOT?

SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities dan Threats) Analisis SWOT merupakan suatu bentuk analisis yang digunakan oleh manajemen perusahaan atau organisasi yang sistematis dan dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi tersebut. Baik tujuan tersebut untuk tujuan jangkan panjang maupun tujuan jangka pendek. Selain itu, analisis SWOT juga dapat diartikan sebagai sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran) tentang sebuah perusahan atau oraganisasi. Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai sebagai faktor yang di jadikan masukan. Dan  kemudian masukan tersebut dikelompokkan sesuai kontribusinya masing-masing. Satu hal yang perlu diperhatikan bagi pangguna analisa ini, bahwa analisa SWOT semata-mata hanya digunakan sebagai suatu analisa saja, yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi sebuah perusahaan atau oraganisasi. Ana...

Komponen Sistem Informasi

Komponen-Komponen Sistem Informasi Sistem informasi terbagi dalam sekelompok komponen yang saling berhubungan, saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam proses transformasi yang teratur. Komponen-komponen Sistem Informasi yaitu : a.   Manusia Manusia sangatlah dibutuhkan dalam operasi sistem informasi. Sumber daya manusia ini meliputi pengguna akhir dan pakar sistem. Pengguna akhir adalah orang yang menggunakan informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi, misalnya pelanggan, pemasok, teknisi, mahasiswa, dosen dan orang-orang yang berkepentingan lainnya. Sedangkan pakar sistem informasi adalah orang yang mengembangkan dan mengoperasikan sistem informasi, misalnya system analyst, developer, operator sistem dan staf administrasi lainnya. b.  Hardware Sumber daya hardware adalah semua peralatan yang kita gunakan dalam memproses informasi, misalnya komputer dan periferalnya, lembar kertas, disk magnetic atau o...